PROGRAM UNGGULAN
Secara bahasa, mulazamah bisa diartikan menetapi dan tidak meninggalkan.
Secara Istilah, metode pendidikan non-formal, dimana para santri menetapi dan tinggal bersama gurunya dalam rangka mempelajari suatu ilmu.
Metode belajar mulazamah ini menjadi idola para penuntut ilmu generasi awal umat ini.
Metode ini bertujuan
Secara bahasa, mulazamah bisa diartikan menetapi dan tidak meninggalkan.
Secara Istilah, metode pendidikan non-formal, dimana para santri menetapi dan tinggal bersama gurunya dalam rangka mempelajari suatu ilmu.
Metode belajar mulazamah ini menjadi idola para penuntut ilmu generasi awal umat ini.
Metode ini bertujuan
Program matrikulasi adalah program kegiatan belajar tambahan yang diberikan kepada siswa untuk menunjang pembelajaran matematika yang akan diberikan pada pembelajaran selanjutnya.
Tujuan kegiatan ini :
Daurah Tahfidz adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh SMP TASHFIA BOARDING SCHOOL, adalah berupa kegiatan daurah dengan fokus dalam kegiatan tersebut untuk menghafal Alqur’an dibawah pengawasan dan bimbingan beberapa orang Ustadzah.
Tujuan Kegiatan ini :
No | Kelompok | Target Camp Tahfidz | Teknis Kegiatan | Keterangan |
1 | Bagus ( A ) | 1.5 Juz dari hafalan yang sudah didapatkan 30 halaman, 450 baris Perhari 16 baris, perpekan 2.5lembar/ 5 halaman | *Peserta didik diberikan materi pendalaman ilmu tajwid *Ziyadah hafalan 1 halaman ( 15 baris) perharinya *5 hari efektif menghafal ( Senin, Selasa, Kamis dan Jumat ). Dan 1 hari pengenalan metode menghafal | *Setiap akhir pekan, muroja’ah hafalan yang didapatkan * Materi ilmu tajwid terkait Mad, Gunnah, Hukum nun sukun dan tanwin serta hukum mim sukun |
2 | Cukup ( B ) | 1 Juz dari hafalan yang sudah didapatkan 20 halaman, 300 baris Perhari 11 baris, perpekan 1.5 lembar/ 3 halaman | *Peserta didik diberikan materi pendalaman ilmu tajwid *Ziyadah hafalan ( 9 baris ) Perharinya *4 hari efektif menghafal ( Senin, Selasa, Kamis dan Jumat ). Dan 1 hari pengenalan metode menghafal | *Setiap akhir pekan, muroja’ah hafalan yang didapatkan *Materi ilmu tajwid terkait Mad, Gunnah, Hukum nun sukun dan tanwin serta hukum mim sukun |
3 | Kurang (C) | 3/4 Juz dari hafalan yang sudah didapatkan 15 halaman, 225 baris Perhari 8 baris, perpekan 1,2 lembar/ 1.5 halaman | *Peserta didik diberikan materi pendalaman ilmu tajwid *Ziyadah hafalan 0.25 halaman ( 6 Baris ) perharinya *4 hari efektif menghafal ( Senin, Selasa, Kamis dan Jumat ). Dan 1 hari pengenalan metode menghafal | Setiap akhir pekan, muroja’ah hafalan yang didapatkan *Materi ilmu tajwid terkait Mad, Gunnah, Hukum nun sukun dan tanwin serta hukum mim sukun |
4 | Semua Kelompok | Muroja’ah seluruh hafalan yang didapatkan selama camp tahfidz | *Muroja’ah dan MHQ | *Dilaksanakan pada akhir kegiatan camp tahfidz |
5 | Semua Kelompok | Metode kelompok | Pengenalan metode menghafal | Setiap hari rabu disetiap pekan |
DAUROH BAHASA ARAB merupakan jenis program short course (kursus singkat), namun lebih intensif membahas kitab dan dibuat berjenjang (level), dengan sasaran program masif ke banyak siswa.
Kegiatan dauroh Bahasa arab kali ini sebagai salah satu sarana untuk .
KURIKULUM
SMP Tashfia telah mendapatkan status terakreditasi A dari Depdiknas.
SMP Tashfia saat ini telah menerapkan kurikulum merdeka. Sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi murid. Karakteristik utama dari kurikulum ini yang mendukung pemulihan pembelajaran adalah: Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila. Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi. Kurikulum ini juga memberikan Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal. Selain itu, Projek penguatan profil pelajar Pancasila memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan, mengembangkan keterampilan, serta menguatkan pengembangan enam dimensi profil pelajar Pancasila. Melalui projek ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari secara mendalam tema-tema atau isu penting seperti gaya hidup berkelanjutan, toleransi, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi. Projek ini melatih peserta didik untuk melakukan aksi nyata sebagai respon terhadap isu-isu tersebut sesuai dengan perkembangan dan tahapan belajar mereka. Projek penguatan ini juga diharapkan dapat menginspirasi peserta didik untuk memberikan kontribusi dan dampak bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya.
Satuan pendidikan menentukan pilihan berdasarkan Angket Kesiapan Implementasi Kurikulum Merdeka yang mengukur kesiapan guru, tenaga kependidikan dan satuan pendidikan dalam pengembangan kurikulum. Pilihan yang paling sesuai mengacu pada kesiapan satuan pendidikan. Implementasi Kurikulum Merdeka semakin efektif jika makin sesuai kebutuhan.
Adapun kurikulum Ilmu-ilmu Syar’i (Pendidikan Agama Islam) Pesantren Tashfia tercantum dalam tabel berikut:
No | Pelajaran | Pokok Bahasan | Jam | Rujukan |
1 | Hafalan Al Qur’an | Juz 30, 29, 28, 27 | harian | Al Qur’an |
2 | Tafsir | Tafsir Juz ‘Amma | 30 | Tafsir Juz ‘Amma (Dr. Sulaiman Al Asyqar) |
3 | Tauhid / Aqidah | Pengertian dan urgensi aqidah, macam tauhid, wala’ dan baro’, hakikat iman, rukun-rukun dan pembatalnya, hukum pelaku dosa besar | 32 | Qaul Mufid ‘ala Kitabit Tauhid (Syaikh ‘Utsaimin) Kitab Tauhid 1, 2 dan 3 (Syaikh Shalih Fauzan) |
4 | Akhlaq | Adab kepada Allah , kitab-Nya, Rasul-Nya, dan kepada manusia. Adab-adab harian, lafadz doa dan dzikir | 30 | Syarah Riyadhus Shalihin (Syaikh Salim Al Hilali), Minhajul Muslim (Syaikh Abu Bakar Al Jazairi) |
5 | Hadits | Hadits tentang Aqidah, Ibadah, dan Mu’amalah | 17 | Riyadhus Shalihin (Imam Nawawi) |
6 | Fiqh | Tahaharah (bersuci), Shalat, zakat, dan haji | 30 | Shahih Fiqh Sunnah (Abu Malik Kamal Sayyid Salim), Al Wajiz ( Dr. Abdul Azhim Al-Badawi Al-Khalafi) |
7 | Tsaqafah Islamiyah | Keadaan jazirah Arab sebelum dan sesudah diutusnya Nabi , masa khulafa’ur rasyidin | 30 | Ar Rahiqul Makhtum (Shafiyyurrahman Al Mubarakfury) |
Kompetensi yang diharapkan setelah menamatkan SMP Tashfia adalah sbb:
PROGRAM UNGGULAN