TELAH DIBUKA PPDB TA 2025/2026

Program

Program SMP Tashfia

PROGRAM UNGGULAN

  1. MULAZAMAH AL QAIDAH AS SAMERIYAH

Secara bahasa, mulazamah bisa diartikan menetapi dan tidak meninggalkan. 

Secara Istilah, metode pendidikan non-formal, dimana para santri menetapi dan tinggal bersama gurunya dalam rangka mempelajari suatu ilmu. 

Metode belajar mulazamah ini menjadi idola para penuntut ilmu generasi awal umat ini.

 Metode ini bertujuan

  • Siswa/i mampu melafazhkan huruf hijaiyyah dengan fasih.
  • Siswa/i mampu mengeja kata & kalimat Arab dengan benar.
  • Siswa/i mampu membaca kalimat Arab dengan benar.

 

  1. MULAZAMAH AQIDATUNA

Secara bahasa, mulazamah bisa diartikan menetapi dan tidak meninggalkan. 

Secara Istilah, metode pendidikan non-formal, dimana para santri menetapi dan tinggal bersama gurunya dalam rangka mempelajari suatu ilmu. 

Metode belajar mulazamah ini menjadi idola para penuntut ilmu generasi awal umat ini.

Metode ini bertujuan

  • Siswa/i menghafal poin-poin terpenting dari aqidah ahlussunnah wal jama’ah dalam bahasa Arab
  • Siswa/i memahami poin-poin terpenting dari aqidah ahlussunnah wal jama’ah
  • Siswa/i menghafal ratusan mufrodat dan kalimat dalam bahasa Arab
  • Siswa/i mampu menjawab pertanyaan2 seputar akidah, sesuai yang telah dihafal dan dipahami
  1. MATRIKULASI MATEMATIKA

Program matrikulasi adalah program kegiatan belajar tambahan yang diberikan kepada siswa untuk menunjang pembelajaran matematika yang akan diberikan pada pembelajaran selanjutnya.

Tujuan kegiatan ini :

  • untuk menyeragamkan pemahaman terhadap matematika dasar. “karena input dari mahasiswa yang masuk berbeda-beda, jadi diharapkan nanti ada keseragaman dalam pemahaman tentang matematika dasar
  1. DAURAH TAHFIDZ

Daurah Tahfidz adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh SMP TASHFIA BOARDING SCHOOL, adalah  berupa kegiatan daurah dengan fokus dalam kegiatan tersebut untuk menghafal Alqur’an dibawah pengawasan dan bimbingan beberapa orang Ustadzah.

 

Tujuan Kegiatan ini  :

  • Meningkatkan kualitas bacaan dan hafalan bagi peserta didik yang bacaanya telah memenuhi standar
  • Meningkatkan kuantitas bacaan dan hafalan bagi peserta didik yang bacaanya telah memenuhi standar
  • Memperbaiki cara membaca dan ilmu tajwid bagi peserta didik yang kurang mampu.
  • Camp Tahfizh dilaksanakan selama 2 bulan ( Agustus – Septembar )

No

Kelompok

Target Camp Tahfidz

Teknis Kegiatan

Keterangan

1

Bagus ( A )

1.5 Juz dari hafalan yang sudah didapatkan

30 halaman, 450 baris

Perhari 16 baris, perpekan 2.5lembar/ 5 halaman

*Peserta didik diberikan materi pendalaman ilmu tajwid

*Ziyadah hafalan 1 halaman ( 15 baris) perharinya

*5 hari efektif menghafal ( Senin, Selasa, Kamis dan Jumat ). Dan 1 hari pengenalan metode menghafal

*Setiap akhir pekan, muroja’ah hafalan yang didapatkan

* Materi ilmu tajwid terkait Mad, Gunnah, Hukum nun sukun dan tanwin serta hukum mim sukun

2

Cukup ( B )

1 Juz dari hafalan yang sudah didapatkan

20 halaman, 300 baris

Perhari 11 baris, perpekan 1.5 lembar/ 3 halaman

*Peserta didik diberikan materi pendalaman ilmu tajwid

*Ziyadah hafalan ( 9 baris ) Perharinya

*4 hari efektif menghafal ( Senin, Selasa, Kamis dan Jumat ). Dan 1 hari pengenalan metode menghafal

*Setiap akhir pekan, muroja’ah hafalan yang didapatkan

*Materi ilmu tajwid terkait Mad, Gunnah, Hukum nun sukun dan tanwin serta hukum mim sukun

3

Kurang (C)

3/4 Juz dari hafalan yang sudah didapatkan

15 halaman, 225 baris

Perhari 8 baris, perpekan 1,2 lembar/ 1.5 halaman

*Peserta didik diberikan materi pendalaman ilmu tajwid

*Ziyadah hafalan 0.25 halaman ( 6 Baris ) perharinya

*4 hari efektif menghafal ( Senin, Selasa, Kamis dan Jumat ). Dan 1 hari pengenalan metode menghafal

Setiap akhir pekan, muroja’ah hafalan yang didapatkan

*Materi ilmu tajwid terkait Mad, Gunnah, Hukum nun sukun dan tanwin serta hukum mim sukun

4

Semua Kelompok

Muroja’ah seluruh hafalan yang didapatkan selama camp tahfidz

*Muroja’ah dan MHQ

*Dilaksanakan pada akhir kegiatan camp tahfidz

5

Semua Kelompok

Metode kelompok

Pengenalan metode menghafal

Setiap hari rabu disetiap pekan

 

 

 

  1. DAURAH BAHASA ARAB

DAUROH BAHASA ARAB merupakan jenis program short course (kursus singkat), namun lebih intensif membahas kitab dan dibuat berjenjang (level), dengan sasaran program masif ke banyak siswa.

Kegiatan dauroh Bahasa arab  kali ini sebagai salah  satu sarana  untuk .

  1. Meningkatkan kemampuan berbahasa (mufrodat),
  2. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi (hiwar),
  3. Meningkatkan ketrampilan dan mengembangkan wawasan ( tsaqofah ).

 

KURIKULUM

SMP Tashfia telah mendapatkan status terakreditasi A dari Depdiknas.

SMP Tashfia saat ini telah menerapkan kurikulum merdeka. Sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi murid. Karakteristik utama dari kurikulum ini yang mendukung pemulihan pembelajaran adalah: Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila. Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi. Kurikulum ini juga memberikan Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal. Selain itu, Projek penguatan profil pelajar Pancasila memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan, mengembangkan keterampilan, serta menguatkan pengembangan enam dimensi profil pelajar Pancasila. Melalui projek ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari secara mendalam tema-tema atau isu penting seperti gaya hidup berkelanjutan, toleransi, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi. Projek ini melatih peserta didik untuk melakukan aksi nyata sebagai respon terhadap isu-isu tersebut sesuai dengan perkembangan dan tahapan belajar mereka. Projek penguatan ini juga diharapkan dapat menginspirasi peserta didik untuk memberikan kontribusi dan dampak bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

 

Satuan pendidikan menentukan pilihan berdasarkan Angket Kesiapan Implementasi Kurikulum Merdeka yang mengukur kesiapan guru, tenaga kependidikan dan satuan pendidikan dalam pengembangan kurikulum. Pilihan yang paling sesuai mengacu pada kesiapan satuan pendidikan. Implementasi Kurikulum Merdeka semakin efektif jika makin sesuai kebutuhan.

Adapun kurikulum Ilmu-ilmu Syar’i (Pendidikan Agama Islam) Pesantren Tashfia tercantum dalam tabel berikut:

NoPelajaranPokok BahasanJamRujukan
1Hafalan Al Qur’anJuz 30, 29, 28, 27harianAl Qur’an
2TafsirTafsir Juz ‘Amma30Tafsir Juz ‘Amma (Dr. Sulaiman Al Asyqar)
3Tauhid / AqidahPengertian dan urgensi aqidah, macam tauhid, wala’ dan baro’, hakikat iman, rukun-rukun dan pembatalnya, hukum pelaku dosa besar32Qaul Mufid ‘ala Kitabit Tauhid (Syaikh ‘Utsaimin)
Kitab Tauhid 1, 2 dan 3 (Syaikh Shalih Fauzan)
4AkhlaqAdab kepada Allah , kitab-Nya, Rasul-Nya, dan kepada manusia. Adab-adab harian, lafadz doa dan dzikir30Syarah Riyadhus Shalihin (Syaikh Salim Al Hilali), Minhajul Muslim (Syaikh Abu Bakar Al Jazairi)
5HaditsHadits tentang Aqidah, Ibadah, dan Mu’amalah17Riyadhus Shalihin (Imam Nawawi)
6FiqhTahaharah (bersuci), Shalat, zakat, dan haji30Shahih Fiqh Sunnah (Abu Malik Kamal Sayyid Salim), Al Wajiz ( Dr. Abdul Azhim Al-Badawi Al-Khalafi)
7Tsaqafah IslamiyahKeadaan jazirah Arab sebelum dan sesudah diutusnya Nabi , masa khulafa’ur rasyidin30Ar Rahiqul Makhtum (Shafiyyurrahman Al Mubarakfury)

 

Kompetensi yang diharapkan setelah menamatkan SMP Tashfia adalah sbb:

  1. Memahami aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah
  2. Beribadah sesuai sunnah
  3. Hafal sekurang-kurangnya 4 juz
  4. Paham dan hafal sejumlah matan hadits
  5. Lulus Ujian Nasional
  6. Kompeten untuk melanjutkan ke SMA, MA, SMK

 

PROGRAM UNGGULAN

  1. MULAZAMAH AL QAIDAH AS SAMERIYAH
  2. MULAZAMAH AQIDATUNA
  3. MATRIKULASI MATEMATIKA
  4. DAURAH TAHFIDZ
  5. DAURAH BAHASA ARAB

 

Menu Utama

Copyright © 2023  SMP Tashfia - All Rights Reserved